Sepuluh Tempat Kuliner Kota Pematangsiantar Yang Wajib Disinggahi Para Pelancong.

Pematangsiantar boleh dibilang adalah kota persinggahan ke berbagai tujuan kota lainnya di Sumatera Utara. Misalnya dari Medan mau ke Danau Toba, sampai saat ini wajib harus lewat Pematangsiantar dulu, termasuk dari Bandara Kualanamu. Apalagi Danau Toba adalah salah satu objek wisata paling populer di Sumut bahkan di Indonesia. Nama Danau Toba juga sudah mendunia karena keindahannya. Tak heran jika kota ini banyak dikunjungi oleh pelancong maupun pendatang dari kota lain meskipun hanya sekedar singgah saja. Kenapa banyak pelancong mau singgah di kota Pematangsiantar ? Tentu ada alasannya. Selain terkenal dengan becak BSA khas Siantar, kota ini sudah lama terkenal dengan kulinernya yang enak dan nikmat dengan harga yang terjangkau. Apa saja yang bisa dinikmati di kota ini ? Saya akan mencoba membahas beberapa tempat kuliner yang wajib disinggahi para pelancong jika datang ke kota kami Pematangsiantar.

Becak BSA ikon kota Siantar

Saya lahir dan besar di kota Pematangsiantar. Meskipun saya lebih banyak merantau di tempat jauh namun kerinduan untuk selalu pulang ke kota kelahiran saya selalu meronta ronta dalam hati. Saya tak bisa melupakan kota kelahiran saya. Banyak kenangan di sana yang tak bisa saya lupakan. Masa sekolah mungkin yang terbaik dan terindah dikenang. Usia remaja yang membuat saya selalu ingin mencoba segala hal. Masa pertumbuhan membuat nafsu makan hampir tak terkendali. Semua jajanan dicoba dan diembat. Ga perlu takut gemuk kala itu.

Kenangan akan nikmatnya jajanan di Pematangsiantar itulah yang membuat saya ingin menuliskan di sini dan berbagi kepada pembaca sekalian. Siapa tahu suatu waktu nanti ada di antara pembaca yang budiman yang kebetulan singgah ke kota kami bisa mencoba jajanan atau kuliner favorit di Pematangsiantar. Berikut tempat yang rekomended dan wajib dikunjungi :

  1. Kedai Kopi Kok Tong
Es Teh Susu menu khas Kedai Kopi Kok Tong

Ini kedai kopi tradisional yang paling legendaris di Siantar. Siapapun penikmat kopi di Siantar pasti tahu tempat ini. Lokasi berada di sikuJjalan Cipto dan Jalan Wahidin kampung Dwikora Pematangsiantar. Kedai kopi ini sudah berdiri sejak 1925 dan merupakan kedai kopi tertua di Siantar. Buka mulai dari jam 06.00 sd 23.00. Menu andalan yang disajikan adalah kopi hitam, kopi susu dan teh susu lengkap dengan roti bakar pakai srikaya. Harganya juga relatif terjangkau. Kopi hitam Rp 8.000 dan kopi susu/teh susu Rp 12.000. Selain menu andalan tersebut ada beberapa etalase pedagang makanan lain yang terpajang di sana. Antara lain pedagang bakpao / taosapiah. Ini wajib dicoba juga, cocok teman ngopi atau ngeteh. Di hari libur kedai kopi ini bisa sangat ramai sekali. Jangan kecewa jika tak dapat tempat duduk. Datanglah saat hari biasa saja jika ingin dapat tempat duduk misalnya sekitar jam 13.00 biasanya masih ada tempat duduk. Di sore hari sampai malam biasanya sudah penuh.

2. Mie Goreng Jalan Cipto

Nah, masih sekitaran Jalan Cipto, di sini terkenal penjual mie goreng enak. Ada beberapa tempat makan mie goreng yang rekomended di sini. Antara lain mie goreng “panjang” atau mie goreng “deli”. Ini yang paling legendaris. Rasanya jangan ditanya lagi pasti minta nambah. Selain mie goreng ada juga makanan lain di sepanjang jalan ini. Tinggal pilih mau yang mana. Waktu tepat datang ke sini sore hari karena mie goreng “panjang” baru buka sore hari dari jam 17.00 sd 23.00. Harga seporsi Rp. 29.000. Menu yang tersedia tak hanya mie goreng saja, ada juga jenis masakan lain seperti fuyung hai dan lain lain.

3. Mie Pangsit Jalan Surabaya

Mie Pangsit Awai

Dari dulu Jalan Surabaya terkenal tempat kuliner paling favorit di Pematangsiantar. Banyak pedagang makanan di sini menggelar dagangannya dari pagi sampai malam hari. Yang paling populer tentu mie pangsit Awai. Ada ukuran biasa dan jumbo. Harga perporsi biasa Rp 25.000. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh pelancong dari luar kota terutama di hari libur. Jadi harus bersabar menunggu antrian. Tak hanya mie pangsit ada juga rumah makan bakso sapi Metro yang sudah lama jualan di jalan Surabaya ini. Banyak pilihan makanan yang bisa dinikmati di sini terutama di pagi hari. Banyak tersedia tempat sarapan pagi yang enak, macam lontong sayur dan sajian kue kue tradisional.

4. Mie Pangsit Sirpang Opat/ Simpang Empat

Mie Pangsit Gajah

Simpang empat ini lokasi paling strategis bagi pelancong yang mau lanjut ke Danau Toba. Banyak sekali pilihan tempat makan pangsit di sini. Antara lain mie pangsit Gomuk atau Gadjah. Ada puluhan lainnya tinggal pilih mau yang mana. Harga mie pangsit di lebih murah Rp 20.000 saja. Soal rasanya jangan ditanya, tetap menggugah selera.

5. Rumah makan khas Batak Silindung

Ayam napinadar RM Silindung

Salah satu rumah makan khas Batak yang sangat populer di Pematangsiantar adalah RM Silindung. Lokasi berada di jalan Narumonda Bawah Tomuan. Rumah makan atau lapo Silindung menyediakan berbagai macam masakan khas Batak. Antara lain manuk napinadar, panggang daging babi, bagot ni horbo, sayur daun ubi tumbuk dan lain sebagainya. Lapo ini selalu ramai dikunjungi oleh pelancong yang kebetulan pulang kampung halaman.

6. Rumah makan khas Batak Aruan Parluasan

Natinubis menu andalan Lapo Aruan

Lapo Aruan berkonsep warung makan pinggir jalan yang hanya buka di sore hari antara jam 17.00 sd 21.00. Soal rasa jangan ditanya sangat menggoyang lidah bagi penikmat makanan khas tradisional Batak. Menu andalannya adalah natinubis, yaitu semacam arsik kaki babi yang dimasak lama sampai empuk dengan tambahan rebung (tubis) pakai bumbu andaliman. Hmmm nikmat tiada tara. Wajib dicoba ! Lokasi sangat mudah ditemukan karena berada di siku jalan Sisingamangaraja dekat loket Intra depan terminal Parluasan. Tempat ini paling gampang dilintasi oleh pelancong dari berbagai jurusan karena lokasi strategis depan terminal bus. Jadi jangan lewat makan di lapo Aruan jika kebetulan melintas dari Pematangsiantar. Harga sekitar Rp 25.000 perporsi.

7. Rumah makan khas Batak Taruli

Berada di jalan Gereja Pematangsiantar. Rumah makan ini juga wajib dikunjungi jika mau melintas ke Danau Toba. Menu yang tersedia ada panggang daging babi dan saksang lengkap dengan sayur daun ubi tumbuk. Rasanya pasti lezat dan wajib dicoba.

8. Mie Goyang Apiang Pajak Horas.

Bagi orang yang suka berbelanja ke Pajak Horas ( Pusat Pasar Horas ) Pematangsiantar wajib singgah dan makan mie rebus atau mie hun kuah Apiang ini. Lokasi di gedung 3 Pajak Horas. Tempatnya memang agak nyempil di antara kios pedagang di sana. Tapi mudah kok carinya kalau kita bertanya pasti ketemu. Mie goyang Apiang ini sudah ada sejak lama. Bahkan sudah turun temurun dari bapak ke anaknya. Disebut mie goyang karena saat meracik masakannya penjual mie ini badannya sampai bergoyang goyang secara spontan karena kecepatan mengaduk mie rebus dan kuahnya yang panas. Rasanya sangat menggugah selera. Saat jam makan siang tempat ini sangat ramai. Jadi harus bersabar untuk dapat tempat duduk dan menunggu sajian hidangannya. Harga perporsi Rp 20.000.

9. Roti Ganda

Roti ganda kredit photo dari google images

Ini dia salah satu jajanan khas Pematangsiantar yang paling banyak diburu sebagai oleh oleh. Orang akan rela antri panjang terutama di saat musim liburan demi mendapatkan oleh oleh roti Ganda ini. Toko roti yang sudah ada sejak tahun 1980 an ini tak pernah sepi pengunjung dari berbagai daerah. Baik yang pulang kampung maupun yang singgah saja. Setiap perayaan hari raya lebaran maupun natalan, tempat ini pasti diserbu pengunjung. Kadang harus tahan nafas ditengah pengunjung pengunjung yang membludak.Sajian khas toko roti ini adalah roti tawar dengan selai srikaya atau roti isi krim coklat meses yang rasanya enak dan nikmat. Selain itu sajian lain adalah kue tart dan aneka macam kue tradisional tersedia di sini. Toko Roti Ganda berada di pusat pertokoan Jalan Sutomo Pemantangsiantar dan cabang di Jalan Kartini.

10. Kedai Kopi Sedap

Berada hanya beberapa toko dari Toko Roti Ganda. Biasanya yang datang ke sini adalah orang orang yang ingin bernostalgia masa lampu. Kedai kopi ini pernah sangat menjadi sangat favorit di Pematangsiantar sebelum keberadaannya tersaingi oleh kedai kopi baru yang banyak bermunculan di Pematangsiantar. Tapi bagi penikmat kopi yang ingin bernostalgia pastilah tetap hadir di kedai kopi ini. Di sinilah tempat menikmati kopi hitam nikmat tepat di tengah jantung kota Pematangsiantar. Menu andalannya adalah roti bakar di atas arang dengan olesan srikaya asli Sedap. Bisa juga beli khusus srikaya sebagai oleh oleh. Harganya sedikit lebih mahal tapi harganya dijamin tak mengecewakan.

<p value="<amp-fit-text layout="fixed-height" min-font-size="6" max-font-size="72" height="80">Nah bagaimana pendapat para pelancong sekalian. Menarik bukan untuk mencoba kuliner Siantar ? Meskipun hanya sebagian saja yang bisa saya tuliskan. Pilihan lain masih banyak tempat kuliner yang bisa para pelancong dapatkan di Pematangsiantar. Hampir setiap sudut kota ada penjaja makanan. Mulai yang kelas restoran sampai kaki lima semua ada. Yuk mari dicoba saja.Nah bagaimana pendapat para pelancong sekalian. Menarik bukan untuk mencoba kuliner Siantar ? Meskipun hanya sebagian saja yang bisa saya tuliskan. Pilihan lain masih banyak tempat kuliner yang bisa para pelancong dapatkan di Pematangsiantar. Hampir setiap sudut kota ada penjaja makanan. Mulai yang kelas restoran sampai kaki lima semua ada. Yuk mari dicoba saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.