9 Tempat Wisata Menarik Di Danau Toba Yang Wajib Dikunjungi.

Banyak tempat wisata menarik yang ada di sekitar Danau Toba yang wajib dikunjungi jika datang ke sana.Beberapa tempat yang saya sudah kunjungi akan saya bagikan ke pembaca sekalian. Akses ke Danau Toba relatif mudah dilalui baik menggunakan mobil maupun sepedamotor. Untuk yang datang berkeluarga mungkin lebih baik menggunakan mobil. Tapi perlu diperhatikan jalan macet akibat banyak pengunjung di saat musim liburan tiba. Jika hanya berdua bisa menggunakan sepedamotor lebih asyik karena bisa menelusuri sampai ke tempat tempat yang tak umum dikunjungi wisatawa. Naik sepedamotor lebih memudahkan mengakses pelosok pedesaan terlebih jika kamu penggemar photografi.

Keindahan Danau Toba sudah diakui di mancanegara. Banyak turis yang sudah datang ke Danau Toba untuk menikmati keeksotisan danau yang tercipta dari letusan gunung Toba yang meletus sekitar 75.000 tahun yang lalu itu.. Selain keindahan alam sekitarnya, Danau Toba juga merupakan pusat dari kebudayaan dan sejarah Batak. Untuk mengetahui tentang budaya dan sejarah Batak bisa dilihat di Pulau Samosir, yaitu sebuah pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Danau Toba Di Lihat dari Pangururan
Salah satu spot photo instagramable di Batu Hoda Samosir

Apa saja 10 tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi itu? Berikut saya tuliskan di sini:

1.Parapat, merupakan kota pintu masuk ke Danau Toba jika kamu datang dari bandara Kualanamu atau dari kota Medan. Parapat sudah lama menjadi kota turis international. Banyak hotel berbintang dibangun di sini. Paling populer antara lain Hotel Danau Toba, Hotel Niagara dan Hotel Inna. Di sini juga banyak tersedia restaurant di sepnjang jalan utama kota Parapat. Juga toko souvenir yang menjual barang kerajinan. Hal lain yang menarik di sini kamu bisa melihat pasar tradisional setiap hari Sabtu. Kota menjadi lebih ramai karena orang orang datang ke pasar untuk berbelanja. Dari kota Parapat ini jugalah jalan masuk menuju ke pelabuhan tujuan Samosir. Untuk pelabuhan ferry tujuan Tomok berada di Ajibata sementara untuk KMP Ihan Batak untuk tujuan Ambarita berada tak jauh dari situ juga. Sementara untuk kapal boat menuju beberapa tempat di Samosir berada di Tigaraja. Berikut saya lampirkan jadwal KMP Ihan Batak sebagai informasi bagi kamu jika ingin ke Samosir. Rute dari Ajibata ke Ambarita : jam 08.00, 11.00, 14.00, 17.00 dan sebaliknya dari Ambarita ke Ajibata : jam 09.30, 12.30, 15.30, 18.30. Tips datanglah lebih awal sebelumnya agar tidak kehabisan tiket yang mengakibatkan masuk ke antrian berikutnya.

Kota Parapat salah satu pintu masuk ke Danau Toba

2.Tomok, merupakan tempat untuk ziarah karena di sana ada makam Raja Sidabutar yang sudah berusia ratusan tahun. Untuk kamu yang suka sejarah dan kebudayaan tentu tak akan melewatkan untuk berkunjung ke sini. Selain untuk mendengar dan menggali informasi tentang kebudayan Batak di Samosir, di sini juga disaksikan pagelaran tortor si Gale gale. Si Gale gale adalah patung yang terbuat dari kayu yang bisa menari dengan menggunakan benang yang ditarik oleh dalang. Konon dipercaya si Gale gale ini ada kekuatan mistisnya. Tomok juga merupakan sentra industri kerajinan tangan. Di sini banyak kios penjual souvenir tempat kamu bisa membeli souvenir sebagai cendera mata.

Patung kayu si Gale gale

3.Tuktuk Siadong, merupakan tempat hotel dan penginapan berada. Di sinilah pilihan terbaik untuk menginap karena banyak pilihan yang tersedia. Hotel atau penginapan yang menghadap langsung ke Danau Toba memberikan sensasi keindahan tersendiri tentunya. Harga hotel dan penginapan di sini relatif terjangkau dan kompetitif. Tidak terlalu mahal tapi ga juga murahan. Boleh dibilang Tuktuk inilah tempat paling favorit untuk menginap di Samosir. Beberapa hotel bagus yang berada di sini antara lain : Samosir Villa Resort, Toledo Inn, Hotel Silintong, Hotel Carolina dan lain sebagainya.

Tuktuk Siadong dari Hotel Silintong

4.Huta Siallagan, merupakan perkampungan orang Batak yang dilestarikan. Di sini bisa melihat rumah adat Batak yang berusia ratusan tahun. Selain rumah adat yang digunakan sebagai rumah raja dan keluarganya juga bisa dilihat rumah pemasungan. Tor tor si gale gale juga bisa dilihat di sini. Dari pintu masuk kamu bisa melihat sebuah patung penjaga berada di sana. Tidak boleh keluar dari lokasi dari pintu masuk ini karena dipercaya bisa membawa kesialan, tapi harus mengikuti jalur lewat pintu keluar. Di ujung pintu keluar ada kios kios penjual souvenir tersedia.

Huta Siallagan salah situs budaya Batak yang dilestarikan
Ornamen pada rumah adat Huta Siallagan

5.Air Rangat Pangururan, adalah sumber air panas yang berasal dari kaki bukit Pusuk Buhit. Di sini kamu bisa mandi air belerang yang konon dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk kamu penyuka trekking bisa naik ke atas puncak Pusuk Buhit dari jalur yang sudah ditentukan. Lebih bagus lagi kalau naik di malam hari untuk melihat matahari terbit. Pemandangan dari atas puncak Pusuk Buhit sangatlah indah. Jika kamu datang ke Air rangat ini jangan lupa juga untuk menyantap makanan tradisional khas Batak yaitu mie gomak. Semacam mie lidi yang terbuat dari tepung jagung mirip spaghetti yang diolah dengan kuah bersantan dicampur sayuran dan bumbu andaliman. Rasanya bikin lidah bergetar.

Pemandian Air Rangat Pangururan

6.Danau Sidohoni, merupakan danau di atas Pulau Samosir. Untuk naik ke atas bisa melalui kota Pangururan. Dari sini pemandangannya juga sangat indah walaupun jalanan ada berlubang. Dalam perjalanan ke Danau Sidihoni ini kita bisa melihat perkebunan cengkeh milik rakyat dan kehidupan di sekitar perkampungan itu. Tanah berbukit terlihat hamparan padang rumput hijau tempat ternak kerbau digembalakan oleh anak anak kecil. Suasana terlihat sangat alami pemandangan pedesaan yang masih asri jauh dari keramaian. Sekilas seperti pemandangan di New Zealand.

Danau Sidohoni
Padang rumput Sidohoni
Padang rumput tempat makan ternak kerbau

7.Air Terjun Efrata, berada di desa Harian Boho, jalan menuju ke Tele jika kamu melalui Pangururan. Air terjun ini setinggi 20 meter dengan bebatuan hitam yang cantik sebagai latarnya. Air yang jatuh melebar terlihat sangat cantik. Selain itu pemandangan sekitar menuju lokasi juga sangat indah alam pedesaan dengan sawah menghijau di kiri kanan di saat musim tanam. Untuk masuk ke lokasi di kenakan tiket Rp. 8.000/orang.

Air Terjun Efrata

8.Bukit Holbung, merupakan perbukitan tinggi di sekitar Danau Toba yang lagi banyak diminati pengunjung. Banyak musisi lagu Batak membuat videoklip di daerah sini karena lokasinya memang yang sangat bagus. Untuk naik ke puncak tertinggi harus mendaki melalui jalan setapak. Meskipun agak melelahkan sedikit tapi hasilnya memuaskan bathin. Dijamin ga menyesal.

Indahnya pemandangan Danau Toba dari Holbung Hill
Holbung Hill
Jalan menuju Holbung Hill

9.Puncak Tele, di sinilah menara pandang tertinggi di Danau Toba. Menara pandang Tele merupakan tempat terbaik untuk melihat Danau Toba dari ketinggian. Menara ini dibangun tahun 1988 dengan harga tiket masuk Rp. 7.000/orang.

Salah satu sudut pandang dari Tele

Itulah 9 spot wisata cantik dan menarik yang wajib kamu kunjungi ke Samosir-Danau Toba. Menarik bukan ?

Satu hal yang penting diketahui jika datang ke Samosir adalah bahwa masyarakat Batak itu sangat terikat dengan adat dan kebudayaannya. Jadi sepatutnyalah untuk saling menghargai kebudayaan yang ada di sana. Pada umumnya masyarakat Batak itu terbuka dengan pendatang dan dunia luar. Akan tetapi tak semua masyarakat Batak itu paham dan mengerti soal dunia pariwisata meskipun Danau Toba itu salah satu tujuan wisata favorit yang sedang dibangun dengan gencar oleh pemerintah pusat. Masyarakat di sekitar Danau Toba pada umumnya hidup dari bertani dan berdagang, sementara sektor pariwisata lebih banyak dikelola oleh investor dari luar daerah Danau Toba.Nah, jika kamu berkunjung ke Danau Toba bantulah perekonomian masyarakat di sana dengan membelanjakan uangmu dengan cara membeli souvenir, makanan, minuman dan barang lain yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Dan yang terpenting jangan buang sampah sembarangan.

~Bawalah pulang sampahmu dan tinggalkanlah uangmu~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.