Tamasya Stadion Sepakbola : Ramainya Bernabeu dan Megahnya Camp Nou

Liburan asyik ke Eropa itu jika kita tidak melulu mencari kota  tua, juga apa yang lain yang berbeda. Gedung gedung tua memang sangat indah dan keren dijadikan tujuan  wisata dan objek photo saat liburan  di Eropa.

Objek wisata yang bisa kamu masukan dalam daftar kunjungan yang membuat suasana liburanmu menjadi lebih menarik lagi adalah mengunjungi stadion sepakbola yang ada di kota tujuanmu.

Hal ini kami lakukan saat pergi liburan musim panas tahun ini ke beberapa kota di Eropa Barat. Beberapa kota yang kami kunjungi kebetulan memiliki stadion besar dan nama besar di  persepakbolaan dunia.

Di Eropa sepakbola itu sudah seperti industri. Semua klub ingin berlomba menang menjadi juara. Dukungan dari para frans juga tak kalah hebohnya. Kerajaan bisnis yang menggurita rasanya belum lengkap tanpa menjadi sponsor sepakbola.

Di mana mana orang bicara bola, mulai dari anak kecil, orang dewasa, laki perempuan, tua muda, di kota di desa. Pasar judi juga terbuka lebar. Liburan diisi dengan menonton bola di stadion tim kesayangan menjadi selalu impian banyak orang.

Tak hanya di Eropa di belahan dunia manapun bola selalu menjadi perbincangan yang hangat, terutama jika musim Piala Dunia tiba.

~Sepakbola bisa menyatukan dunia~

Saya juga termasuk suka bola meskipun tak sefanatik suami saya, yang kadang rela begadang tengah malam demi melihat pertandingan bagus dan indah dari tim favoritnya. Saya tak tahu banyak bola selain pemainnya yang ganteng ganteng …hehehe

Suami saya sudah lama tertarik bola bahkan sedari masih anak anak sudah punya tim favorit. Kesempatang berkunjung ke Eropa inilah kami pergi ke beberapa stadion klub besar tersebut.

Stadion yang sempat kami kunjungi adalah :

The Giuseppe Meazza Stadium atau dikenal juga dengan San Siro Stadium adalah stadion besar yang di Milan- Italy milik klub sepakbola Intermilan dan AC Milan. Berkapasitas penononton 80.000 kursi.

Stadion ini sudah ada sejak tahun 1925 dan pernah digunakan sebagai tempat berlangsungnya Piala Dunia, Piala Eropa dan Olimpiade musim dingin. Selain itu stadion ini juga sering dipakai untuk event olahraga lainnya termasuk juga konser musik.

Untuk sampai di stadion ini bisa naik Metro turun di stasiun San Siro. Dari stasiun Sansiro bisa langsung keluar melalui tangga keluar menuju Sansiro. Dekat pintu keluar kamu bisa menemukan toko souvenir klub sepakbola Intermilan dan AC Milan.

milan8Toko Souvenir klub Intermilan dan AC Milan

Saat kami datang ke San Siro sedang berlangsung konser musik klasik. Kami tak menemukan logo apapun berbau klub sepakbola kenamaan itu. Sepertinya San Siro sepi pengunjung, mungkin kami datang agak siang. Di musim panas orang lebih suka keluar jalan di sore hari, karena terang hari lebih panjang.

milan7 (2)San Siro Stadium

Stadion ini tak dibuka untuk umum. Tak terlihat rombongan turis. Hanya ada satu dua orang yang tersasar seperti kami. Kami hanya berjalan mengitari stadion besar ini dari luar. Mengambil beberapa photo kemudian pergi melanjutkan perjalanan.

milan6Pintu gerbang masuk Stadion San Siro dibagi beberapa gate 

The Stade Vélodrome atau dikenal dengan Orange Velodrome stadion sepakbola yang berada di Marseille – Prancis tempat klub sepakbola Olympique de Marseille atau dikenal hanya Marseille.

Berdiri sejak 1937 berkapasitas penonton 67.000 kursi. Stadion ini juga pernah digunakan untuk Piala Dunia, Piala Eropa dan pertandingan olahraga lainnya seperti Tim Rugby National Prancis.

marseille5Stadium Orange Velodrome

Tak banyak yang bisa kami lihat di sini, kami hanya lewat saja keliling seputaran stadion. Tak terlihat kegiatan apapun di sini. Sepertinya sedang ada renovasi di dalamnya. Sepi, itulah kesan yang kami lihat.

Stadion ini juga tak dibuka untuk turis saat kami datang. Hanya ada toko souvenir klub yang tak terlalu besar. Beberapa pengunjung yang datang sama seperti kami hanya berjalan mengitari dan mengambil beberapa photo.

marseille14Numpang mejeng di dalam toko souvenir Velodrome

Untuk sampai di sini bisa menggunakan bus atau metro turun di stasiun Point du Prado. Dari jalan raya stadion ini sudah terlihat jelas, tak sulit mencari. Di depan stadion ini ada taman sepanjang jalan tempat orang bisa duduk santai menikmati keramaian kota.

Camp Nou Stadium adalah stadion sepakbola terbesar di Spanyol bahkan di Eropa, dan terbesar ke 3 di dunia, berkapasitas 100.000 kursi. Stadion ini berada di Kota Barcelona dan tempat klub sepakbola barcelona sejak 1957.

barca21Camp Nou Stadium tampak depan ada photo pemain Barca

IMG-1053Patung pesepakbola pahlawan Barca

Stadion ini sama seperti stadion lainnya digunakan juga tempat berbagai pertandingan sepakbola besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa dan banyak pertandingan lainnya.

barca22Ramainya pengunjung Camp Nou

Stadion ini dibuka untuk turis dan sangat ramai didatangi pengunjung mancanegara. Baik itu penggemar bola, para fans fanatik Barca maupun turis seperti kami ini. Untuk masuk ke dalam harus beli tiket dulu di loket yang tersedia atau bisa beli online di website resmi : https://www.fcbarcelona.com/en/tickets/camp-nou-experience

messiSetiap kostum ini dihargai sekitar 120 Euro

Banyak tawaran paket yang bisa dipilih jika berkunjung ke Camp Nou. Tapi kami tak beli tiket masuk. Kami hanya berkeliling di luar saja. Memandang kemegahan stadion ini dari luar saja rasanya sudah menyenangkan.

barca14Toko Souvenir di luar Stadion

Toko souvenir klub Barca ini cukup besar. Kamu akan cukup puas melihat atau memilih kostum pemain idolamu. Hanya saja harganya cukup mahal untuk penggemar dadakan seperti saya ini. Saya hanya beli satu bendera klub untuk oleh oleh adik saya yang penggemar Barca.

Untuk sampai ke stadion ini kamu bisa naik metro turun di Collblanc.

Santiago Bernabeu Stadium adalah stadion sepakbola yang terletak di Madrid berkapasitas penonton 88.0000 kursi. Merupakan rumah bagi klub besar Real Madrid sejak 1947. Stadion ini merupakan tempat final Piala Dunia tahun 1982.

IMG_0008 (2)Santiago Bernabeu banyak didatangi rombongan turis mancanegara

Stadion ini tempat paling ramai dikunjungi oleh turis. Saat kami datang banyak rombongan turis yang antri di sana termasuk rombongan anak anak pecinta sepakbola. Tempat penjualan souvenir dipenuhi oleh rombongan anak anak ini.

IMG_0020 (2)Mejeng di logo Real Madrid

Untuk masuk ke dalam stadion harus beli tiket dulu, bisa dibeli online di website https://www.realmadrid.com/en/tickets/bernabeu-tour. Kami juga tak masuk ke dalam stadion hanya melihat dari luar dan membeli beberapa souvenir.

IMG_0027 (2)Oleh oleh dari Real Madrid

Untuk sampai di tempat ini bisa naik bus atau metro turun di stasiun Bernabeu.

Dari hasil jalan jalan ke empat stadion besar tersebut, saya jadi tahu sedikit tentang dunia sepakbola. Bagaimana sejarah stadion itu dibangun dan bagaimana klub sepakbola tersebut dikelola. Beberapa nama pesepakbola yang menjadi pahlawan klub, kapan klub itu juara dan lain sebagainya. Sekedar menambah wawasan jika diajak ngomongin sepakbola bisa jadi nyambung sedikit. Menarik bukan ?

Nah, itulah 4 stadion besar utama yang sempat kami singgahi ketika liburan musim panas lalu. Meskipun kami tak masuk ikut tour melihat dari luar saja sudah lebih dari cukup. Niat kami memang tidak mau masuk tapi lain kali kami akan datang kembali dengan tiket nonton bolanya sekalian. Ingin juga tahu rasanya berteriak goool di dalamnya bersama ribuan pengunjung.

~Dalam pertandingan sepakbola perbedaan harus disingkirkan untuk bisa meraih kemenangan~

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.