Mural

Salah satu tujuan wisata yang paling instragamable dan murah meriah saat ini adalah Mural. Apa itu mural ? Mural adalah lukisan di dinding atau media lain yang luas bebas dan sifatnya permanen yang menggunakan cat tembok atau cat kapur.

Salah satu mural di Barcelona

Berbeda dengan graffiti yang menggunakan cat pilox dan muatannya sarat dengan tulisan, mural tidak. Semua pesan yang disampaikan hanya dengan bentuk lukisan. Mural ini juga disebut dengan street art.

Seni mural ini sendiri ternyata sudah ada sejak jaman 35.000 tahun yang lalu. Di mana seni lukisan ini bisa dilihat di dinding gua Lascaux , Prancis Selatan. Bisa dibilang dari zaman prasejarah mural paling banyak ditemukan di Prancis.

Seiring perkembangan zaman manusia sekarang tinggal dengan dinding tembok. Sisi tembok yang terbuka luas inilah sekarang banyak menjadi media mural. Seni mural ini juga berkembang di tembok restaurant, cafe, dinding luar rumah dan tembok jalan di berbagai sudut kota dan perkampungan.

Mural di Madrid

Seni mural ini juga banyak dimanfaatkan untuk membuat satu lokasi menjadi lebih menarik dan bersih bahkan menjadi salah satu objek wisata. Contoh yang pernah saya lihat adalah Yangon Walls di 41 St Yangon dan beberapa jalan di pemukiman penduduk.

Yangon Wall

Dulunya 41 St ini sangat kotor penuh sampah. Oleh sekelompok orang menjadikannya sebagai proyek percontohan perkampungan yang bersih. Dinding rumah bagian belakang penduduk dijadikan sebagai tempat membuat mural atau luskisan dinding yang bagus. Lukisan yang menarik ini membuat orang datang berbondong bondong untuk berphoto ria di lokasi ini.

Yangon Wall

Nah buat kamu yang suka seni mural ini, bisa menjadikannya salah satu tujuan kunjungan wisata yang menarik. Biasanya mural ini dapat ditemukan di pusat kota tua atau pekampungan yang padat penduduk. Perlu kesabaran mencarinya karena mural biasanya ada di gang atau jalan kecil yang terabaikan. Kita harus cari sendiri dan rajin jalan kaki, itu kuncinya!

Jadikan perjalanan menjadi lebih menarik dengan menemukan mural ini di sudut kota dan perkampungan penduduk. Di sana juga kita bisa langsung melihat kegiatan orang lokal bagaimana orang lokal dan kehidupannya di keseharian. Selain itu kita jadi lebih memahami seluk beluk kota dan kampung lokal tempat kunjungan kita. Menarik bukan ? Yuk berburu mural ….

#Jadikan perjalananmu menjadi lukisan hidupmu#

Amman Mural Art
Mural di Amman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.